RSS

Eco-Farm Fapet IPB

22 Sep

Susu Fapet adalah merek dagang resmi dari produk-produk yang dikeluarkan oleh PT. D-Farm Agriprima. PT D-Farm Agriprima merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan hasil ternak khususnya pengolahan susu. Perusahaan ini berlokasi di Unit Lapang Fakultas Peternakan IPB. Perusahaan ini mengelola fasilitas pengolahan susu yang dimiliki Fakultas Peternakan IPB dan menggunakan teknologi dari Fakultas Peternakan IPB. Selain sebagai unit komersil, unit pengolahan susu Fapet IPB juga sebagai unit pendidikan yaitu sebagai teaching industri. Unit Pengolahan Susu merupakan unit teaching industry dibawah bagian Teknologi Hasil Ternak yang memiliki kegiatan pelayanan praktikum, penelitian, kunjungan, pelatihan dan pendampingan. Unit ini bekerjasama dengan PT D-Farm Agriprima sebagai operator pelaksana teknis di Unit Pengolahan Susu untuk melakukan proses produksi dan pemasaran.

foto0287

foto0285Awal mula berdirinya EcoFarm bermula dari Fakultas Peternakan IPB mengadakan kerja sama dengan Departemen Pertanian dalam upaya memacu  usaha peternakan khususnya sapi perah. Fakultas peternakan bertanggung jawab atas terlaksananya usaha ini kepada Deptan. Dalam rangka menjalankan usaha ini, Dekan Fakultas Peternakan menunjuk seorang penanggung jawab langsung E-coFarm untuk bisa menjalankan usaha ini dengan baik. Penanggung jawab E-coFarm dibantu oleh seorang manager yang berfungsi untuk menggerakan beberapa divisi yaitu: divisi produksi, divisi pengolahan, divisi pakan, dan divisi pemasaran.

Berbagai potensi yang dimiliki, seperti ketersediaan bahan baku dan sumberdaya peternak (tenaga kerja), E-coFarm memiliki peluang untuk menjadi salah satu sentra pengolahan susu sapi bukan hanya di lingkungan kampus IPB tetapi juga di daerah Bogor. E-coFarm bertindak sebagai lembaga pendidikan yang memiliki kompetensi peternakan dalam bidang pengembangan sapi perah dan produksi susu segar serta hasil olahannya.E-coFarm saat ini menjual susu segar dan produk olahannya. Produk hasil pengolahan yang dilakukan oleh E-coFarm adalah susu pasteurisasi, yoghurt dan puding. Susu pasteurisasi terdiri dari susu pasteurisasi rasa yang dikemas dengan cup 200 ml dan plastik 500 ml dan 100 ml serta susu pasteurisasi plain yang dikemas dengan plasik 100 ml, 500 ml dan 1000 ml. Yoghurt yang dihasilkan diantaranya yoghurt cup 100 ml dan yoghurt stik 50 ml dan 30 ml. Sedangkan puding dikemas dengan cup 100 ml. Produk susu pasteurisasi, bio yoghurt, serta puding susu adalah produk reguler yang biasa tersedia di outlet setiap hari.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 22, 2013 in Susu Fapet

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: