RSS

Budidaya Ubi Jalar

07 Sep

Ubi jalar merupakan salah satu tanaman pangan yang menjadi sumber karbohidrat, vitamin dan mineral.  Tidak hanya sebagai pangan, ubi jalar juga memiliki potensi dibidang pakan dan industri. Ada dua varietas yang ditanam, yaitu varietas Sukuh dan Emen, yang keduanya merupakan varietas lokal.

index1

Bibit

Tanaman ubi jalar diperbanyak dengan stek batang. Bibit yang bagus diambil dari ujung batang yang masih muda dan sehat dengan panjang stek 30 cm.

Penyiapan Lahan

Lahan tegalan

Lahan dibersihkan dari gulma, lalu tanah digemburkan dengan cangkul atau  bajak sambil membenamkan rumput-rumput liar kemudian dikering anginkan selama 1 minggu. Buat guludan-guludan dengan lebar 60 cm, tinggi 30-40 cm, jarak antar guludan 70-100 cm, panjang guludan disesuaikan dengan keadaan lahan.

Lahan sawah bekas tanaman padi

Babat jerami sebatas permukaan tanah, kemudian tanah diolah dengan cangkul atau bajak diluar bidang tumpukan jerami kemudian tanah ditimbun pada tumpukan jerami sambil membentuk guludan-guludan dengan ukuran lebar 60 cm, tinggi 30-40 cm, jarak antar guludan 70-100 cm, panjang guludan disesuaikan dengan keadaan lahan.

Penanaman

Di lahan kering dilakukan pada awal musim hujan (Oktober).
Di lahan sawah ditanam setelah padi rendengan (padi gadu), pada awal musim kemarau. Sistem tanam secara tunggal (monokultur) dan atau tumpang sari.
Untuk mendapat ubi besar, stek ditanam miring (60-70 derajat) dengan dua ruas ditanam diguludan, sedangkan untuk mendapatkan ubi kecil, posisi stek dalam tanah ditanam rata, dengan 3-4 ruas stek tanaman didalam guludan dan ujung stek miring ± 600 (bentuk L). Jumlah bibit satu stek per lubang. Sebaiknya penanaman dilakukan pada pagi atau sore hari. Jarak tanam dalam barisan 25-35 cm sedangkan jarak barisan 100-150 cm.

           Dosis Pupuk

  • Pupuk kandang 7,5 ton ; Urea 100 Kg ; KCl 100 Kg ; SP-36 60 Kg.
  • Pupuk kandang diberikan 1 minggu sebelum tanam.
  • Pupuk dasar : 1/3 bagian urea, seluruhnya KCI dan SP-36 diberikan pada saat tanam.
  • Pupuk susulan 2/3 bagian Urea diberikan pada saat tanaman berumur 1,5 bulan
  • Pupuk diberikan secara larikanPemeliharaan
    • Penyulaman dilakukan pada umur I – 2 minggu.
    • Penyiangan dilakukan pada umur 1,2 dan 3 bulan alau tergantung pertumbuhan gulma.
    • Pembalikan batang tanaman dilakukan pada umur 6,9 dan 12 minggu dengan tujuan untuk membatasi merambatnya batang kesegala arah serta terbentuknya umbi-umbi kecil pada tiap ruas yang berhubungan langsung dengan tanah
    • Pengairan dilakukan bila keadaan sangat kering.
    • Pengendalian hama pada umumnya hama yang paling berbahaya dan sangat merugikan tanaman ubi jalar adalah hama boleng. Hal ini dapal diatasi dengan pemberian luradan 20 kg perhektar. diberikan pada saat tanam dan pemberian pupuk dasar

    Panen dan Pasca Panen

    Waktu panen ubijalar didasarkan atas umur tanaman, jenis atau varietas.
    Ubijalar berumur pendek (genjah) dapat dipanen pada umur 3–3,5 bulan, sedangkan varietas berumur panjang (dalam) dipanen pada umur 4,5–5 bulan.
    Panen dilakukan dengan cara memangkas batang ubijalar, kemudian menggali guludan dengan cangkul/sekop/luku lalu umbinya diambil dan dikumpulkan ditempat pengumpulan. Diseleksi dan disortasi berdasarkan ukuran umbi dan warna kulit dan disimpan dalam wadah atau goni.

    Penyimpanan Hasil

    Umbi diangin-anginkan 2-3 hari kemudian ditimbun di tempat yang kering dan sejuk dengan ditutup pasir kering atau abu setebal 20 – 30 cm. Dengan cara demikian ubi jalar bisa tahan disimpan sampai 5 bulan, disamping terbebas dari hama boleng rasa umbinya lebih enak dan manis.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 7, 2013 in Ilmu Tanaman Pangan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: